Kelurahan Karangwaru mengadakan pelatihan dasar-dasar pemasaran digital bagi kelompok UMKM. Petalihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam berjualan secara online.
Kegiatan pelatihan di adakan pada hari Senin, 30 Mei 2022 bertempat di ruang Nyaman Huni I kelurahan Karangwaru, dan diikuti 20 UMKM.
Dewi Ciptaningrum, S. Sos., M. Eng. dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian kota Yogyakarta dalam sambutannya menyampaikan, pelatihan bagi UMKM sudah ada sejak sejak tahun 2021.
Ada 14 kelompok yang mengikuti pelatihan ekosistem digital via daring, dengan 4 materi dalam satu kelompok.
Selama pandemi, pelatihan dilakukan dengan dua cara, daring dan luring, berupa pelatihan pembuatan konten fotografi dan videografi.
Pelatihan pemasaran digital merupakan tindak lanjut dengan adanya penyediaan wifi publik dari pemerintah kota Yogyakarta, agar wifi dapat dipergunakan secara produktif.
Lurah kelurahan Karangwaru Anggit Safrudin, A.Md. mengatakan, UMKM harus siap dengan perubahan dan transformasi alat komunikasi yang semakin canggih.
Diharapkan dengan mengikuti pelatihan berupa dasar-dasar pemsaran digital dan pelatihan foto produk, keahlian UMKM semakin bertambah, dan ilmu yang didapatkan di share ke kelompok masing-masing.
Anggit Safrudin , A.Md. menambahkan berjualan secara online perlu biaya lebih uuntuk sewa tempat, dengan berjualan secara online biaya-biaya tersebut tidak perlu dikeluarkan dan dapat dialihkan untuk menambah modal.
Berjualan secara offline perlu biaya lebih untukenuewa tempat, dengan berjualan secara online diharapkan dapat menambah penghasilan.
Pelatihan Penguatan Ekosistem Digital Berbasis Wilayah menjadi tema materi yang di bawakan oleh Konsultan PLUT Diskopukm DIY, Wahyu Tri Atmojo.
Disampaikan oleh Wahyu Tri Atmojo maksud dari pelatihan adalah untuk memastikan usaha yang menjadi tumpuan UMKM yang menjadi tumpuan ekonomi keluarga berjalan dengan baik.
Ada dua manfaat menggunakan media sosial
- Secara produk akan dikenal
- Profil pelaku usaha semakin dikenal
Diferensiasi merupakan proses yang membedakan produk atau layanan Anda dengan pihak lain berdasarkan minat konsumen. Proses ini melibatkan detail karakteristik setiap produk yang dihargai oleh konsumen dan menjadikan hal ini unik, tambah Wahyu Tri Atmojo.
Dalam mengelola kontak WhatsApp untuk marketing, kontak dibagi menjadi 3 :
- Identitas calon konsumen
- Identitas konsumen
- Identitas pelanggan.
Dengan memiliki banyak pelanggan, maka usaha akan stabil. Bisnis dapat diturunkan ke anak cucu, minimal 70% omzet didapatkan dari pelanggan.
Ir. Aman Yuriadijaya, M.M Sekretaris Daerah kota Yogyakarta |
Hadir dipelatihan Ir. Aman Yuriadijaya, M.M Sekretaris Daerah kota Yogyakarta, dalam kesempatan ini Ir. Aman Yuriadijaya, M.M menyampaikan pertemuan ini merupakan pertemuan yang bermanfaat, karena pemasaran digital menjadi tuntutan jaman.
Menguatkan pelaku ekonomi melalui pelatihan dan penampingan digital menjadi bukti kehadiran pemerintah kota Yogyakarta di masyarakat melalui kemantren dan kelurahan, tutup Ir. Aman Yuriadijaya, M.M
Pelatihan akan dilakukan secara berkelanjutan, pada pertemuan berikutnya akan diberikan pelatihan foto produk.
Posting Komentar untuk "Pelatihan Dasar-dasar Pemasaran Digital Kelompok UMKM Karangwaru"