Pemasaran Produk UMKM


Dinas Perindustrian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Yogyakarta kembali mengundang forum Komunikasi antar Pelaku UMKM Kemantren untuk mengikuti pertemuan dengan tema "Pemasaran Produk UMKM" dengan nara sumber dari Bank Jogja, pada Rabu, 3 November 2021.

I. PEMASARAN
PENGERTIAN PEMASARAN

  • Pemasaran adalah semua aktivitas yang dilakukan untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan kepada konsumen
  • Pemasaran berusaha untuk menyampaikan suatu produk atau layanan, mengidentifikasi layanan, mengidentifikasi pelanggan ideal, dan menarik perhatian konsumen ke produk atau layanan yang tersedia.

PEMASARAN DARI SUDUT PANDANG PENJUAL

  • Tempat yang strategis (place)
  • Produk yang bermutu (product)
  • Harga yang kompetitif (place)
  • Promosi yang gencar (promotion)

PEMASARAN DAN SUDUT PANDANG PELANGGAN

  • Kebutuhan dan keinginan pelanggan (customer needs  and wants)
  • Biaya pelanggan (cost to the costumer)
  • Kenyamanan (convenience)
  • Komunikasi (comunication)

II. PRODUK
PENGERTIAN PRODUK
  • Secara umum, produk adalah sesuatu yang dihasilkan  dari proses produksi, baik itu barang maupun jasa yang dapat diperjualbelikan di suatu pasar.
  • Berdasarkan definisinya, produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk dikonsumsi atau dipakai sehingga memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumennya. 
PRODUK BERDASARKAN WUJUDNYA
  • Barang adalah semua produk yang wujudnya fisik, dapat dilihat, diraba, disentuh, dirasa, dipindahkan, dan perlakuan fisik lainnya. Contoh barang: makanan, minuman, aksesoris dan lain sebagainya.
  • Jasa adalah semua aktivitas yang memberikan manfaat dan kepuasan kepada konsumen. Contoh jasa; jasa pijat, jasa makeup, jasa penginapan, jasa konsultasi dan lain sebagainya.

III. PROMOSI
PENGERTIAN PROMOSI
  • Promosi adalah suatu kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh seseorang ataupun perusahaan kepada masyarakat luas dengan tujuan untuk memperkenakan produk kepada masyarakat dan mempengaruhi mereka untuk membeli dan menggunakan produk tersebut.
  • Promosi adalah suatu kegiatan untuk bisa memberikan informasi terkait suatu produk dan juga mendorong calon konsumen agar mau melakukan pembelian barang ataupun jasa yang ditawarkan.

TUJUAN PROMOSI
  • Memberikan informasi mengenai suatiu produk secara luas pada calon konsumen.
  • Memperoleh dan juga menjangkau konsumen baru  serta menjaga tingkat loyalitas konsumen
  • Meningkatkan keunggulan dan juga membedakan suatu produk dengan produk lain dari kompetitor
  • Untuk mempengaruhi asumsi dan perilaku konsumen atas suatu produk.
  • Untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan.

JENIS PROMOSI
1. Promosi Secara Fisik
  • Mampu berinteraksi langsung dengan calon konsumen 
  • Terbatas yang dijangkau (-)
2. Promosi Melalui Media Tradisional
  • Menjangkau banyak calon konsumen dalam jangka waktu yang lama
  • Biaya promosi yang mahal (-)
3. Promosi Melalui Media Digital
  • Jangkauan luas, lebih murah, mudah dan cepat
  • Kreativitas yang tinggi dan kontinyu, karena banyak yang menggunakan.

IV. STRATEGI PEMASARAN
  1. Produk Yang Menarik
  2. Pahami Target Pasar 
  3. Kemasan Yang Unik
  4. Lakukan Promosi Yan Baik
  5. Tonjolkan Kelebihan Produk
  6. Servis Konsumen
  7. Buka Peluang Jaringan
  8. Lakukan Pendekatan Pada Konsumen
  9. Membuat Website Produk
  10. Konsisten Dalam Penerapan Strategi
Diakhir pertemuan Bank Jogja memberikan informasi pinjaman tanpa agunan hingga 20 juta dengan jangka waktu angsuran maksimal 5 tahun bagi UMKM dengan syarat mempunyai surat keterangan usaha, untuk informasi dapat menghubungi marketing Bank Jogja di WA 0858-661-1478  dan WA 0813-2931-5765.

Posting Komentar untuk "Pemasaran Produk UMKM "